3.22.2016

22 Maret 2016

Sepertinya hari ini hari yang paling menggemparkan dalam hidup saya.

Pertama : Kakak sepupu saya (literally dia kakak sepupu, tapi umurnya lebih kecil) meninggal dunia di usia yang cukup muda :( yang bikin saya sedih ialah dia anak tunggal pakde dan uwak saya :( i can't imagine how hurt they are. Dan saya sampai saat ini belum tau penyebabnya kenapa sampai dia meninggal.

Kedua : hari ini ada demo besar-besaran pengemudi angkutan umum, terutama taksi yang tidak setuju adanya aplikasi online. Dan berita yang ada, yang daritadi saya baca dari media sosial terutama path yang rame bgt kirim video, demonya berjalan anarkis bahkan menyerang dan memukuli orang lain. 

Hmm, hal yang kedua ini saya mau berkomentar sedikit.

1. Demo hari ini merupakan demo kedua Dan bukan kali pertama. Pada saat demo pertama, saya bertemu dengan para pendemo di kantor tempat saya bekerja sekarang. Dan si pendemo itu yang notabene pengemudi ini minta para transportasi berbasiskan online ini ditutup atau paling tidak tarif nya disamakan dengan pengemudi umum yang "merasa dirugikan" seperti taksi misalnya. Karena para taksi yang ada sekarang itu memliki izin berkendara dan membayar pajak malah harus menyetor kepihak perusahaan.

Di poin ini saya sedikit menilai bahwa : benar komentar dan permintaan para pengemudi ini benar adanya. Dan saya cukup merasa terenyuh. Kenapa? karena sebenarnya saya cukup sering menggunakan transportasi umum, seperti taksi, kopaja, metro mini dan busway. Dan saat ini saya sudah "beralih" ke transportasi berbasis online atau lebih dikenal transportasi aplikasi. Kenapa saya menggunakan aplikasi? karena lebih mudah dan menghemat waktu. Tanpa harus men-stop dijalan raya, cukup pegang hape dan mencet-mencet tombol, voila done! Transport yang saya butuhkan datang.

Tapi, bukan berarti saya melupakan transportasi umum lain seperti 3 kendaraan yang saya sebutkan diatas. Tidak, saya tidak melupakan. Bahkan banyak banget kenangan manis yang terjadi ketika saya naik kendaraan-kendaraan itu. Apalagi saya orangnya kepo dasyat, saya pasti mengobrol dengan pengemudi atau kernetnya.

kedua, dilihat dari sisi harga, transportasi online cenderung lebih murah. Jangan tanya sama saya kenapa transportasi online ini lebih murah, dan hitung-hitungannya gimana karena cukup pihak perusahaan aja yang tau dan saya sedikit gak mau tau. Sedangkan, transportasi umum seperti taksi misalnya, sorry i would like to say mereka memang lebih mahal, bahkan ada yang argonya cepat banget dan sebagai customer saya merasa miris melihat isi dompet saya ketika habis membayar (Karena says terbiasa memberikan uang tips kepada driver #gakmaksudnyombong). 

ketiga, fisik kendaraannya. Ini yang penting. Customer butuh yang nyaman kan. Nah kondisi fisik kendaraan umum yang ada sekarang menurut saya kurang layak, apalagi kopaja, metromini even busway sekarang kondisinya "mengenaskan", Taksi pun begitu adanya, ada yang masih bagus kondisinya, ada juga yang tidak terlalu bagus. Sedangkan transportasi online ini memiliki kondisi bagus dan bahkan muatannya banyak, dan itu mempengaruhi poin yang nomer kedua.

keempat, service. Sebenernya baik pengemudi online atau umum biasa sama aja kok servisnya, Karena saya pernah naik juga transportasi online yang drivernya kurang ramah. Kecuali Kopaja dan Metro Mini yang pasti kita nilainya "kasar" karena rendahnya pendidikan si pengemudi atau kernet. Tapi, itu tergantung dari diri kita sendiri sebagai customer gimana caranya berkomunikasi dengan mereka. 
 
Saya setuju kok dengan keinginan pengemudi transportasi umum yang meminta tarif transportasi online disamakan atau bahkan kemungkinan terburuknya itu adalah transportasi online ditutup. Tapi, kenapa harus pengemudinya yang demo? kenapa perusahaan tempat bernaungnya pengemudi tidak ikut turut serta dalam demo? karena menurut saya sebagai orang awam, itu bukan kapasitas pengemudi untuk berbicara mengenai hal diluar kemampuan mereka, sebaiknya pengusaha-pengusaha transportasi itu baik yg konvensional atau yang online didudukkan bersama-sama dengan pemerintah yang menangani masalah ini untuk mencari best solve way atas permasalahan yang ada sehingga tidak terjadi kejadian anarkis seperti yang saya tonton di berita dan media sosial. 

Semoga tidak terjadi apa apa lagi di hari ini, karena cukup melelahkan juga hari ini.
Have good day!

xoxo
ajeng

No comments:

Post a Comment